08:00 - 21:00 WIB (0761) 8411557 0812 7003 1448 promediacomputer.id@gmail.com 0852 8888 5223
(pcs)

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Bergaris

Saturday, May 11th 2019.

Laptop merupakan perangkat elektronik yang tidak terlepas dari kerusakan dan kelemahan. Salah satunya adalah adanya kemungkinan layar laptop akan bergaris. Tentu saja hal ini sangat mengganggu tampilan monitor laptop Anda.

Layar laptop yang bergaris ini bisa disebabkan oleh masalah software maupun hardware. Memang seperti itulah apabila perangkat mempunyai portabilitas tinggi maka akan semakin tinggi pula risiko rusak karena fitur pendukung mobilitasnya.

Apabila laptop anda mengalami permasalahan ini, maka jangan cepat cemas. Hal tersebut dikarenakan anda bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasinya. Namun sebelum memperbaiki laptop bergaris tersebut, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan merestart laptop dan kemudian masuk ke pengaturan BIOS. Apabila di halaman BIOS anda tidak menemukan adanya garis maka bisa jadi masalahnya itu berasal dari software. Namun apabila ditemukan garis ketika berada di halaman BIOS maka masalahnya bisa jadi berasal dari hardware.

Apabila masalah bergarisnya laptop anda berasal dari software maka itu bisa jadi disebabkan oleh driver yang tidak terinstal dengan sempurna. Tidak hanya itu, bisa jadi driber tersebut sudah usang atau tidak update.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan masuk ke situs resmi merek motherboard atau GPU laptop anda. Setelah itu, cari halaman dukungan (support) atau halaman download lalu cari driver yang tersedia untuk driver laptop anda.

Setelah ditemukan, downloadlah driver layar laptop tersebut dengan versi terbaru yang tersedia lalu instal. Jika proses instal tersebut sudah dilakukan, maka restart lah laptop anda dan kemudia periksa kembali apakah layarnya masih bergaris atau tidak. Namun apabila kerusakannya berasal dari hardware, maka anda bisa melakukan dua cara untuk memperbaikinya.

Cara pertama adalah dengan membuka plat belakang layar laptop, ada baiknya untuk terlebih dahulu mencari cara membukannya di internet. Lihat semua komponen yang ada di dalamnya dan cari tahu apa yang salah.

Setelah itu, tekan beberapa bagian dan lihat apakah hal tersebut berpengaruh dan membuat garis itu menghilang atau tidak. Jika dengan menekan bagian tertentu tersebut membuat garis menghilang, maka solusinya adalah dengan meletakkan selembar kardus untuk mengganjalnya.

Cara kedua adalah dengan mengganti kabel fleksibel layar. Kabel fleksibel ini menghubungkan layar laptop dengan motheboard. Layar laptop yang sangat sering dibuka tutup akan berkurang usia pakainya dan pada akhirnya akan mudah rusak. Inilah yang menyebabkan munculnya garis pada layar laptop.

Cara untuk mengganti kabel fleksibel ini agak gampang-gampang susah. Pasalnya anda jug diharuskan untuk membuka plat belakang layar laptop agar bisa mengakses kabel tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Kamu perlu berhati-hati dalam melakukannya.

Demikianlah informasi mengenai penyebab serta cara mengatasi layar laptop yang bergaris. Apabila cara tersebut di atas sudah membuat laptop anda kembali normal, maka anda patut berbangga dengan kemampuan yang dimiliki. Namun, apabila tetap bergaris, ada baiknya untuk membawa ke reparasi laptop terdekat untuk diperbaiki.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 12.290.000
Rp 6.499.000
Rp 800.000
Rp (Hubungi CS)

Toko Promedia Computer

Produk Terbaru

LAPTOP ASUS A416MAO N4020/8GB/SSD512/14″HD/W11+OHS KAMERA CCTV WIFI IMOU RANGER 4MP IPC-A42P-D CCTV IMOU BULLET 4MP POE IPC F42EA-P FREE MEMORI KAMERA CCTV IMOU CRUISER S21FTP 2MP 4G FREE MEMORI 32GB KAMERA CCTV IMOU CRUISER S41FEP 4MP FREE MEMORI 32GB CCTV IMOU RANGER S2 4MP IPC-A43EP FREE MEMORI CCTV IMOU BULB CAM 3MP IPC-S6DP FREE MEMORI 32GB CCTV IMOU CUE 2E IPC-C22SP FREE MEMORI 32GB

Pengiriman

Rekening Bank

220 065 4911 a/n Sucin
115 000 4252 104 a/n Sucin
0696 0100 7195 500 a/n Sucin