08:00 - 21:00 WIB (0761) 8411557 0812 7003 1448 promediacomputer.id@gmail.com 0852 8888 5223
(pcs)

Mengenal Lebih Dekat VGA Card Pada Laptop

Saturday, May 4th 2019.

Video Graphics Adaptor (VGA) menjadi komponen yang penting pada laptop, terutama untuk laptop kelas gaming dan desain grafis. Fungsi utama dari VGA Card ini adalah untuk mengubah sinyal digital dari sistem lalu mengubahnya menjadi tampilan grafis di layar monitor.

Tidak hanya itu saja, VGA card juga memiliki fungsi untuk mengolah informasi grafis pada komputer seperti merender grafis 2D/3D dan decoding MPEG-2 atau MPEG4. VGA card ini juga bisa menghubungkan komputer ke tv atau beberapa monitor sekaligus.

VGA Card sendiri terhubung langsung dengan prosessor (CPU). Dengan penggunaan VGA Card membuat tampilan data grafis menjadi lebih bagus dibanding komputer yang tidak menggunakan VGA Card.

Terlebih lagi apabila kita hendak menggunakan laptop untuk melihat atau bermain game. Apabila tidak menggunakan VGA Card maka layar akan terlihat blur dan sering juga patah-patah. Lain halnya dengan laptop yang menggunakan VGA, hasilnya akan jauh lebih rapi.

Dari beberapa fungsi dari VGA card yang dapat disimpulkan dari penjelasan di atas, di antaranya menerjemahkan sinyal digital menjadi visual, membantu membuat grafis 3D lebih detail dan mulus, membantu tampilan layar menjadi lebih tajam, memungkinkan laptop/PC terhubung ke banyak monitor beresolusi tingg, dan cocok untuk laptp atau pc gaming yang membutuhkan kinerja grafis tinggi. Di dalam VGA Card ini sendiri terdapat papan sirkuit yang di dalamnya terdapat beberapa komponen.

1. GPU (Graphics Processing Unit)
Merupakan komponen utama yang bertugas untuk menerjemahkan data dengan cepat. Selain itu, komponen ini juga dapat memodifikasi memori untuk mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer.

2. Memori
Di dalamnya juga terdapat memori yang merupakan perangkat untuk menyimpan tekstur serta informasi grafis. GPU mengambil sinyal dari memori yang kemudian memprosesnya dan mengirimkannya ke RAMDAC agar bisa tampil di layar monitor. RAMDAC sendiri berfungsi untuk mengkonversikan gambar digital menjadi sinyal analog agar bisa ditayangkan di layar.

3. Heat Sink
Heat sink merupakan sistem pendingin yang berfungsi untuk menyebarkan panas dari GPU. Komponen yang satu ini biasanya dilengkapi dengan kipas untuk mendinginkan GPU sekaligus mengeluarkan panas keluar sistem.

Secara umum, VGA Card yang ada di laptop ataupun PC bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu VGA Board dan VGA Card. VGA board ini adalah VGA card yang tertanam langsung pada Motherboard, sedangkan VGA Card biasanya terpisah dari motherboard yang membuatnya mudah diganti atau diupgrade sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah informasi mengenai mengenal lebih dekat VGA Card mulai dari pengertian, fungsi, komponen hingga jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)

Toko Promedia Computer

Produk Terbaru

LAPTOP ASUS A416MAO N4020/8GB/SSD512/14″HD/W11+OHS KAMERA CCTV WIFI IMOU RANGER 4MP IPC-A42P-D CCTV IMOU BULLET 4MP POE IPC F42EA-P FREE MEMORI KAMERA CCTV IMOU CRUISER S21FTP 2MP 4G FREE MEMORI 32GB KAMERA CCTV IMOU CRUISER S41FEP 4MP FREE MEMORI 32GB CCTV IMOU RANGER S2 4MP IPC-A43EP FREE MEMORI CCTV IMOU BULB CAM 3MP IPC-S6DP FREE MEMORI 32GB CCTV IMOU CUE 2E IPC-C22SP FREE MEMORI 32GB

Pengiriman

Rekening Bank

220 065 4911 a/n Sucin
115 000 4252 104 a/n Sucin
0696 0100 7195 500 a/n Sucin