08:00 - 21:00 WIB (0761) 8411557 0812 7003 1448 promediacomputer.id@gmail.com 0852 8888 5223
(pcs)

10 Penyebab dan Cara Ampuh Memperbaiki Printer yang Tidak Bisa Mencetak

Tuesday, June 16th 2020.

10 Penyebab dan Cara Ampuh Memperbaiki Printer yang Tidak Bisa Mencetak

Promedia Computer – Komputer memliki perangkat input dan output. Perangkat input biasanya untuk memberikan perintah atau intruksi sedangkan perangkat output merupakan hasil dari perintah tersebut. Salah satu perangkat output yang sering digunakan adalah printer. Hal ini karena kegunaan printer yang begitu esensial pada zaman sekarang ini.

Printer berfungsi untuk mencetak hasil dokumen yang berada dalam komputer. Cetakan hasil dokumen ini bisa berupa teks, gambar bahkan foto. Sama halnya dengan alat elektronik lainnya. Printer dapat mengalami permasalahan. Permasalahan tersebut seperti tidak bisa melakukan proses mencetak. Jika kamu adalah orang yang sering menggunakan printer maka sangat perlu untuk membaca artikel ini. Agar ketika printermu bermasalah seperti ini dapat diatasi dengan cepat dan tepat bahkan tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Berikut adalah penyebab dan cara ampuh mengatasi printer yang tidak bisa mencetak. Inilah 10 penyebab dan cara ampuh memperbaiki printer yang tidak bisa mencetak.

  1. Printer Belum Dinyalakan

Penyebab pertama printer tidak bisa melakukan proses mencetak adalah printer belum dinyalakan. Jadi wajar saja jika proses mencetak tidak bisa dilakukan. Anda harus menekan tombol power agar printer bisa menyala.

  1. Kabel Penghubung Printer dengan Komputer tidak Tersambung dengan Seharusnya

Agar komputer bisa memberikan perintah terhadap printer yang digunakan dibutuhkan kabel penyambung. Nah jika kabel ini tidak tersambung dengan baik maka perintah dari komputer tidak akan dapat diterima dengan baik oleh printer. Pastikan bahwa kabel ini telah terhubung dengan baik. Tanda bahwa printer telah tersambung adalah ketika melakukan print maka dibawah merk printer yang digunakan ada terdapat tulisan ready. Jika menggunakan jaringan maka pastikan koneksi internet baik dan telah melakukan pengaturan yang sesuai.

  1. Kabel Printer ke Sumber Listrik Tidak Terhubung dengan Seharusnya

Printer membutuhkan sumber daya listrik untuk melakukan porses percetakan. sumber daya listrik ini diperoleh menggunakan kabel. Jika printer anda tidak bekerja maka pastikan terlebih dahulu bahwa kabel printer yang terhubung ke sumber listrik sudah sesuai.

  1. Driver Printer Belum Diinstal atau Mengalami Masalah

Printer merupakan salah satu perangkat output yang membutuhkan drive seperti aplikasi lainnya. Drive printer yang satu tidak sama dengan yang lainnya. Drive tersebut berbeda-beda tergantung dari merk printer tersebut. pastikan bahwa anda telah menginstall drive printer yang anda gunakan.

  1. Terdapat Kesalahan dalam Pengaturan Printer

Salah satu penyebab printer tidak dapat melakukan proses mencetak adalah terdapat kesalahan dalam pengaturan printer itu sendiri. Atau jika anda sudah salah dalam pengaturan dan bingung harus melakukan cara yang tepat. Maka anda bisa mengembalikan printer ke mode default.

  1. Cartridge Mengalami Masalah bahkan Rusak

Penyebab selanjutnya printer tidak bisa melakukan proses mencetak adalah cartridge yang tidak terpasang seharusnya atau cartridgenya mengalami kerusakan. Maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasang kembali cartridge hingga sudah pada posisi yang benar-benar sesuai. Jika cartridge rusak maka cartridge harus diganti dengan yang baru.

  1. Kapasitas Penyimpanan Data yang Tidak Mencukupi pada Komputer

Komputer memiliki penyimpanan data. Jika penyimpanan data ini sudah mencapai batas atau tidak mencukupi maka akan mempengaruhi proses mencetak. Proses mencetak tidak dapat berjalan dengan lancar. Anda bisa menghapus beberapa data atau file di komputer.

  1. Terlalu Banyak atau Tebal Kertas yang Digunakan

Jika anda melakukan proses mencetak agar memperhatikan banyak dan tebal kertas yang akan digunakan. Terlalu banyak dan tebal kertas yang digunakan maka bisa membuat proses mencetak tidak berhasil. Anda bisa mengangsur jumlah yang anda akan cetak.

  1. Paper Jam

Printer tidak bisa melakukan proses mencetak jika terjadi paper jam. Paper jam terjadi karena adanya kertas atau benda lainnya yang tersangkut didalam printer. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengeluarkan kertas atau benda lainnya yang tersangkut didalam printer.

  1. Rusaknya Roll Penarik Kertas Printer

Rusaknya roll penarik kertas printer menyebabkan proses mencetak tidak bisa dilakukan. Jika roll penarik kertas tidak bisa melakukan tugasnya yaitu menarik kertas maka anda harus mengganti dengan roll penarik kertas yang baru.

Dari artikel ini dapat dipahami bahwa cukup banyak penyebab printer tidak dapat melakukan proses mencetak dan cara mengatasi yang cepat dan tepat. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, akan lebih baik untuk disebarkan agar banyak orang tahu tentang ini. Jika anda ingin mencari komputer, laptop, notebook, proyektor, printer dan aksesorisnya ataupun tinta untuk berbagai jenis printer serta ingin memperbaiki komputer, laptop, printer dan lainnya maka bisa mengunjungi Promedia Computer yang terletak di Jl. Tuanku Tambusai, No. 2-3 (Setelah SPBU Nangka) Kota Pekanbaru, RiauPromedia Computer juga menjual laptop dengan berbagai merk yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda. Promedia Computer sudah dikenal baik dan terpercaya. Anda dapat menghubungi kami di nomor 0812 7003 1448 (marketing) dan 0852 6565 7794 (servis). Anda juga dapat melihat dan membaca artikel penting terkait CCTV lainnya di website ini. Terima kasih.

Rp 5.899.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 1.100.000

Toko Promedia Computer

Produk Terbaru

LAPTOP ASUS A416MAO N4020/8GB/SSD512/14″HD/W11+OHS KAMERA CCTV WIFI IMOU RANGER 4MP IPC-A42P-D CCTV IMOU BULLET 4MP POE IPC F42EA-P FREE MEMORI KAMERA CCTV IMOU CRUISER S21FTP 2MP 4G FREE MEMORI 32GB KAMERA CCTV IMOU CRUISER S41FEP 4MP FREE MEMORI 32GB CCTV IMOU RANGER S2 4MP IPC-A43EP FREE MEMORI CCTV IMOU BULB CAM 3MP IPC-S6DP FREE MEMORI 32GB CCTV IMOU CUE 2E IPC-C22SP FREE MEMORI 32GB

Pengiriman

Rekening Bank

220 065 4911 a/n Sucin
115 000 4252 104 a/n Sucin
0696 0100 7195 500 a/n Sucin